Selasa, 01 April 2014

Cerpen tentang ayah

Catatan Ayah

” Seorang AYAH selalu ingin yang terbaik buat ANAKNYA ”

Sabtu selalu menjadi hari kebebasan buatku , lepas dari segala rutinitas yang membuatku selalu ingin berdiam diri di kamar sepanjang hari.
Jam weker telah menunjukkan pukul 6pagi , tapi rasanya untuk beranjak meninggalkan kamar masih terasa malas.
Dengan berat kulangkahkan kaki menuju ruang depan, kira-kira bibi masak apa ya utk sarapan pagi ini pikirku.
tanpa berpikir panjang kulangkahkan kaki menuju meja makan , tapi belum sampai di meja makan kulihat sebuah agenda di meja kerja ayah , ada rasa tertarik untuk melihatnya karena bukan suatu kebiasaan ayah meletakkan buku apapun di meja itu jika ayah tidak ada di rumah.

“Agenda ini belum pernah saya lihat sebelumnya ” gumamku
saat tanganku mulai membuka halaman pertama… jantungku berdegup “catatan ayah ” bisikku

05 january
” bun , ayah selalu berharap suatu hari bunda membaca catatan ini. ayah berharap bunda tetap bisa tau perkembangan risa. mungkin tidak sekarang , tapi mungkin nanti, ayah pun berharap risa merasakan kasih seorang ibu.
Hari ini Ayah bingung, Ayah harus melihat risa turun dari panggung dan berlari sambil menangis saat tau yang menjemputnya bukan bunda.
Padahl sebelumnya Ayah janji jika Risa menang di lompa pentas ini, bunda akan datang menjemputnya.
satu janji yang entah kapan terpenuhi ”

“Ayah ” bisikku ,
Saya ingat kejadian itu , iyaaa saat pertunjukan usai semua teman-teman berlari dengan gembira menghampiri Ibu mereka masing-masing sambil memberikan setangkai mawar & ucapan Aku sayang Ibu. Sebelum saya turun dari panggung , saya berusaha mencari bunda , melihat kesekeliling dalam harapan bunda ada , namun saat kulihat Ayah …saya berlari menangis.. menahan kekecewaan seorang anak kecil berusia 5tahun yang harapannya tak terpenuhi, Ayah memelukku erat . ” maafin Ayah sayang, kali ini bunda belum bisa datang ” pinta ayah saat itu
saya hanya menangis tanpa menghiraukan ucapan Ayah.

07 January
“bun, ingin rasanya ayah membawa risa ke RS , tapi ayah takut risa semakin kecewa klo melihat bunda yang dipenuhi dengan selang-selang infust. Ayah bingung , tadi pagi risa sempat membuat susu tumpah di meja makan , karena ingin sekali bundanya yang menyediakn untuknya … ”

Air mataku tah tertahan lagi mengalir di pipihku, saat kembali teringat kejadian pagi itu

” ini risa cantik susu coklat sudah bibi buat , di minum yuk sayang sebelum risa sekolah ya ” ucap bibi sambil menyodorkan segelas susu coklat hangat padaku.
tapi tanganku menyenggol gelas dan tumpah di meja makan saat saya mencoba menolak
” ga mau bibi, ga mauuuuuuuuuu… pokoknya risa mau sama bunda, risa maunya bunda yg buatinnnnnn , bunda ga sayang sama risaaaa ” teriak ku sambil menampik tangan bibi dan menangis saat itu .
Ayah yang melihat kejadian itu langsung menghampiriku dan memelukku … saat itu ayah tidak berkata apa-apa, tapi saya sempat merasakan air mata ayah, yang semakin mempererat pelukannya. saya kaget dan mencoba melepas pelukan ayah
” Ayah menangis “tanyaku seketika heran
walaupun ayah mencoba menutupi dengan cepat-cepat menghapusnya dan berkata
” enggak sayang, kan yang nangis risa ” jawab ayah sambil tersenyum saat itu.
” Oya , kan hari ini risa ga les balet . nanti pulang sekolah ke Poli ya sayang , biar nanti bisa main sama Anti yaa ” mendengar ucapan ayah , saat itu saya hanya mampu menggelengkan kepala. karena ayah tau saya paling senang jika bisa bermain dengan Anti (panggilan buat salah satu perawat di poli saat itu ) yang tulus sekali sayangnya padaku

10 January
“Bun saat ini pikiran ayah cemas , hari ini kondisi bunda semakin buruk. tapi tadi sore saat sempat melihat risa tertawa lepas bersama anti di poli rasanya kecemasan itu hilang . hingga ayah semakin yakin bunda akan kembali puli dan melihat risa tumbuh dewasa ”

membaca catatn ini semakin membuatku menangis dan tak sanggup melanjutkan membaca agenda ayah.
kututup agenda ayah dan kutaruh seperti semula.
“Ayah maafin risa yang sudah membacanya”

ayah…demi risa, ayah selalu berharap dan berharap klo keajaiban itu ada, Ayah selalu ingin yang terbaik buat risa …makasih ayah… risa sayang ayah.
Bunda pun pasti sayang ayah, betapa besar kesetiaan dan pengorbanan ayah untuk risa.

Nama Penulis: Rusma

Blog: http://harapanrisa.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar